Wednesday 27 October 2021

Membangun Pulau Bali di Theotown

Tags

Siapa sih orang yang tidak tahu pulau yang satu ini?


Heightmap bali
Sumber: gambar pribadi penulis

Sesuai dengan julukannya, pulau Dewata adalah pulaunya dewa-dewa atau para dewa. karena memang pulau Bali itu rumahnya dewa-dewa dalam agama Hindu, jika kita merujuk ke banyaknya tempat ibadah umat Hindu atau Pura disana. Selain itu memang sudah tidak perlu diragukan lagi keindahan dan keelokan pulau Bali ini, dengan begitu banyak orang, baik dari dalam maupun luar negeri,  yang tertarik untuk mengunjungi Bali. Namun, apa jadinya jika pulau ini dibangun dari nol di Theotown?

Tampilan saat membuat kota di Theotown
Sumber: tangkapan layar pribadi penulis

Pertama-tama yang harus dibuat olehku adalah peta atau heightmap-nya, setelah Heightmap-nya telah jadi, lalu aku masukan beberapa informasi tambahan seperti Nama kota, kreator, tingkat kesulitan , dll.  Disini aku tidak memilih mode Sandbox, meniadakan dataran tinggi, dan memilih ukuran yang paling besar, karena memang lebih lega.

Pemukiman awal
Sumber: tangkapan layar pribadi penulis

Setelah Heightmap-nya jadi dan aku resmi menjadi walikota, tentunya aku harus membuat pemukiman pertama di pulau ini, dimana penduduk generasi pertamaku tinggal. Aku tidak bisa terburu-buru pada masa ini, dikarenakan kas kota masih sangat minim.

Zona Industri awal
Sumber: tangkapan layar pribadi penulis

Zona industri aku bangun agar dapat menciptakan lapangan kerja dan menggerakkan roda ekonomi kota,  uang yang didapat dari pajak aku alokasikan sebagiannya ke fasilitas umum untuk masyarakat, seperti tempat pembuangan akhir, pemadam kebakaran, dan sekolah, agar masyarakatku bisa mendapat layanan pendidikan supaya dapat ikut berkontribusi bagi kemajuan kota.

Perencanaan awal tata kota
Sumber: tangkapan layar pribadi penulis

Lambat laun kotaku mulai tumbuh dan berkembang menjadi lebih besar. Kini saatnya aku memikirkan rencana tata kotaku agar indah dan kedepannya bisa meminimalisir macet. Aku menyiapkan lahan yang besar untuk nantinya dibuat jalan raya dan tol.

Rencana awal kanal kota
Sumber: tangkapan layar pribadi penulis

Tak lupa juga untuk membuat kanal untuk menampung air dikala hujan agar tidak terjadi banjir, kanal ini juga nantinya akan menjadi sistem irigasi untuk mengairi area pertanian nanti.

Peningkatan kualitas jalan
Sumber: tangkapan layar pribadi penulis

Lalu aku membenahi infrastruktur dasar kotaku terutama yang sangat vital seperti jalan agar dapat membantu pertumbuhan ekonomi yang lebih pesat lagi.

Zona industri baru
Sumber: tangkapan layar pribadi penulis

Muncul ide untuk memindahkan daerah industri ke sisi timur pulau agar pemanfaatan lahan dan zonasi lebih efisien sehingga terciptanya ekosistem yang sangat baik diantara zona perumahan, komersil, dan industri. Proyek ini dimulai dengan membangun jalan akses ke calon pusat industri dan membangun jalan-jalan pendukung untuk pabrik-pabrik baru nanti yang akan berdiri.

Pabrik-pabrik yang telah direlokasi
Sumber: tangkapan layar pribadi

Pabrik-pabrik mulai pindah ke zona industri baru yang bernama Bali Industrial Park atau taman industri Bali. Kebanyakan dari pabrik yang ada disini masih belum sangat maju dan cenderung masih terbelakang di bidang teknologi dan pemanfaatan teknologi sehingga terlihat masih banyak polusi karena buruknya pengolahan limbah dan polusi udara oleh pabrik.

Pusat kota
Sumber: tangkapan layar pribadi penulis

Setelah pabrik-pabrik pindah ke zona industri yang baru, kini saatnya aku membangun dan mengoptimalkan lahan bekas pabrik tersebut. Selain itu aku menambahkan fasilitas publik lainnya seperti taman, rumah sakit, kepolisian, dll.

Mungkin hanya itu dulu yang dapat aku bagikan atau share kepada kalian karena memang kotanya belum 100% jadi. Nantikan bagian atau part selanjutnya!







"Hanya menerima kritik dan saran yang bermanfaat"


EmoticonEmoticon